5 Wisata Alam Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Kabupaten Bone, merupakan salah satu daerah yang terletak di pesisir timur Sulawesi Selatan. Dengan Watampone sebagai ibukotanya, Kabupaten Bone termasuk salah satu kabupaten yang besar dan luas di Sulawesi Selatan. Kondisi geografis Kabupaten Bone yang terdiri dari beberapa wilayah seperti pegunungan, dataran rendah, dan pantai memiliki potensi wisata alam yang besar di dalamnya. Berikut obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Bone.

  1. Tanjung Palette

Bagi anda yang ingin menikmati wisata bahari, Tanjung Palette merupakan salah satu obyek wisata terkenal yang ada di Bone. Terletak di kelurahan Palette, 12km dari kota Watampone, tempat ini menyajikan view berupa pantai karang yang terjal. Dengan tumbuhan rindang diatas bukit karang dan tebing yang dihiasi akar pohon. Beragam fasilitas juga tersedia di sini. Seperti rumah makan, tempat penginapan, lapangan tenis, area memancing, bahkan kolam renang yang menghadap laut. Ada juga dermaga dan gazebo-gazebo baik di dermaga maupun diatas bukit, yang memiliki spot terbagus untuk menikmati deburan ombak yang menghantam bukit karang maupun menikmati keindahan sunset.

  1. Pantai Tete Tonra

Masih dengan pantai, kali ini ada pantai Tete (pasir putih) yang terletak di bagian selatan Bone. Tepatnya di desa Bone Pute kecamatan Tonra, 61km dari pusat kota Watampone. Pantai tersebut memiliki satu keunikan. Yaitu terdapat sebuah jalan yang membelah lautan sepanjang ±1km yang menuju ke sebuah pulau bernama Bulu Betta di sebelah timur pantai Tete. Untuk mengunjungi pulau ini, pengunjung harus waspada dan tahu kapan waktunya pasang surut air laut. Selain sebagai tempat rekreasi, pantai Tete juga menjadi pusat pelatihan prajurit baru TNI.

  1. Air Terjun Landering

Kabupaten Bone yang dikelilingi pegunungan, memiliki wisata alam lain yang menyejukkan. Salah satunya adalah air terjun. Air terjun di Bone yang cukup terkenal adalah air terjun Landering. Air terjun Landering terletak di dusun Lamedde, desa Barugae, kecamatan Lamuru. Bentuknya yang menyerupai dinding dengan air terjun setinggi 7 meter dan lebar 5 meter, tampak asri dengan pohon lebat yang mengelilingi air terjun Landering. Untuk mencapai lokasi, anda harus menempuh perjalanan sepanjang 3km dari lokasi parkiran. Dan anda perlu hati-hati karena jurangnya cukup terjal, namun masih ada kayu-kayu dari akar pohon yang bisa dijadikan pegangan. Air terjun ini sangat direkomendasikan untuk anda yang suka tantangan dan hobi bertualang.

  1. Goa Mampu

Goa ini merupakan salah satu goa terluas di Sulawesi Selatan. Goa yang memiliki luas 2000m² ini terletak di desa Cabbeng, kecamatan Dua Boccoe, 60km dari Watampone. Di Goa Mampu ini anda bisa menikmati stalagtit dan stalagmit dengan beberapa ruangan dan tingkatan di dalam goa. Menariknya, stalagtit dan stalagmit ini terlihat unik. Karena berbentuk makhluk hidup, benda-benda, bahkan persawahan sehingga bentuknya menyerupai sebuah perkampungan. Konon katanya Goa Mampu ini merupakan sebuah kampung yang dikutuk menjadi batu. Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung bisa menyewa pemandu dan obor yang ditawarkan oleh warga sekitar.

  1. Sungai Pada’elo

Salah satu obyek wisata alam yang tak kalah eksotisnya dengan obyek wisata yang lain adalah sungai Pada’elo. Sungai ini merupakan salah satu sungai tersembunyi yang terletak di desa Ureng, kecamatan Palakka, Kabupaten Bone. Disini anda akan merasakan sensasi menyusuri sungai yang jernih sepanjang 150 meter, dengan dikelilingi tebing bebatuan cadas yang eksotis. Untuk mengunjungi sungai ini, sangat disarankan datang pada musim kemarau guna menghindari aliran yang deras.

Demikian tadi sebagian obyek wisata terkenal yang ada di kota Bone. Masih banyak lagi obyek wisata yang bisa di eksplore ketika berkunjung ke Bone. Dan jangan lupa untuk berbagi pengalaman berlibur anda kepada saudara maupun kawan-kawan anda!